wordpress,

WordPress.org VS WordPress.com, Mana Yang Lebih Baik?

Ham Ham Follow Apr 21, 2020 · 6 mins read
WordPress.org VS WordPress.com, Mana Yang Lebih Baik?
Share this

Kita pasti tahu kan sama Wordpress? Pasti tahu lah. Tapi tahukah kamu kalau ada 2 tipe Wordpress yang sangat berbeda, yaitu Wordpress.com dan Wordpress.org.

Seringkali pemula bingung memilih Wordpress yang mana yang akan mereka gunakan untuk platform blog. Bahkan beberapa orang amsih tidak menyadar bahwa dua platform WordPress ini sangat berbeda.

Lalu sering muncul pertanyaan, kalau dua jenis WordPress ini berbeda, mana yang lebih baik diantara keduanya? Untuk menjawabnya, mari kita bandingkan platform Wordpress.com dan Wordpress.org (Wordpress self-hosted).

Perbandingan WordPress.com VS WordPress.org

Cara terbaik untuk memahami perbedaan antara WordPress.com vs WordPress.org adalah dengan mendalami platform ini secara terpisah.

WordPress.org

WordPress.org alias “WordPress asli”, adalah platform situs web populer yang open-source dan 100% gratis untuk digunakan siapa saja.

Yang kita butuhkan hanyalah nama domain dan hosting web. Inilah sebabnya mengapa Wordpress.org juga disebut sebagai WordPress self-hosted.

Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan WordPress.org

Kelebihan WordPress.org

Dengan WordPress.org, kita memiliki kontrol penuh terhadap situs web. Kita bebas untuk melakukan apa pun yang kita inginkan dan menyesuaikannya ssesuai kebutuhan kita.

Berikut adalah beberapa kelebihan memilih WordPress.org untuk membangun situs web, dan alasan mengapa platform ini adalah pilihan terbaik sebagai pembuat situs web.

  • WordPress.org gratis, open-source, dan super mudah digunakan.
  • Kita memegang kendali penuh atas situs yang kita bangun.
  • Kita bisa menambahkan plugin/aplikasi WordPress secara gratis, berbayar, dan bahkan plugin khusus ke situs web.
  • Kita bisa menghasilkan uang dari situs WordPress dengan menjalankan iklan sendiri tanpa berbagi pendapatan dengan siapa pun.
  • Kita bisa menggunakan dan menyesuaikan desain situs web sesuai kebutuhan. Menambahkan tema WordPress gratis atau premium yang kita inginkan. Kita juga bisa membuat desain khusus sepenuhnya atau memodifikasi apa pun yang kita inginkan.
  • Kita bisa menggunakan tool seperti Google Analytics untuk analisis dan pelacakan khusus.
  • Kita bisa menggunakan WordPress untuk membuat toko online untuk menjual produk digital atau fisik, menerima pembayaran kartu kredit, dan mengirimkan barang langsung dari situs web kita.
  • Kita juga bisa membuat situs membership dan menjual keanggotaan untuk konten premium, kursus, dll dan membangun komunitas online.

Kekurangan Wordpress.org

Ada sedikit kekurangan dalam menggunakan situs WordPress self-host.

  • Seperti situs web pada umumnya, kita memerlukan hosting web dan domain. Di sinilah file situs web kita disimpan di internet. Awalnya, biayanya sekitar $3-$10 per bulan.
  • Kita bertanggung jawab atas segala pembaruan dan keamanan situs web kita. Meskuipun begitu kita bisa dengan mudah memperbarui situs WordPress hanya dengan mengklik tombol pembaruan (1-klik), sehingga sangat mudah.
  • kita bertanggung jawab untuk melakukan pencadangan rutin agar saat web kita terkena masalah, kita bisa dengan mudah melakukan restore. Untungnya WordPress memiliki banyak plugin gratis untuk melakukan Backup.

Biaya yang kita keluarkan untuk membuat web WordPress.org bervariasi berdasarkan pada apa yang kita bangun (blog sederhana, situs web portofolio, toko eCommerce, situs keanggotaan, dll).

Selain itu ada faktor lain, yaitu tema dan plugin yang kita gunakan, a[akah semua gratis atau berbayar. Dengan budget rendah, kita bisa membangun situs web hanya dengan $46 per tahun.

WordPress.com

WordPress.com adalah layanan hosting yang dibuat oleh salah satu pendiri WordPress, Matt Mullenweg. Karena pendirinya sama, seringkali pengguna bingung membedakan WordPress.com dengan WordPress.org yang populer.

Layanan hosting WordPress.com memiliki 5 paket:

  • Gratis - Sangat terbatas.
  • Pribadi - $48 per tahun
  • Premium - $96 per tahun
  • Bisnis - $300 per tahun
  • E-commerce - $540 per tahun
  • VIP - mulai dari $5000 per bulan

Selanjutnya mari kita bahas kelebihan dan kekurangan WordPress.com

Kelebihan WordPress.com

Platform WordPress.com yang gratis adalah pilihan yang tepat untuk blogger yang baru memulai membangun sebuah blog. Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan WordPress.com

  • Gratis ruang penyimpanan hingga 3GB. Setelah itu kita harus beralih ke paket berbayar untuk mendapatkan lebih banyak ruang penyimpanan. (Paket pribadi $48/tahun kita akan mendapatkan 6GB diskspace, paket Premium $96/tahun kita akan mendapat penyimpanan 13GB, dan paket Bisnis sebesar $300/tahun kita mendapatkan penyimpanan 200 GB).
  • Kita tidak perlu khawatir soal pembaruan atau backup. WordPress.com akan dengan otomatis melakukannya.

Kelemahan WordPress.com

Ada beberapa kekurangan WordPress.com yang membedakannya dari WordPress.org. Berikut ini beberapa kelemahan menggunakan WordPress.com

  • WordPress.com menempatkan iklan di semua situs web yang memiliki paket gratis. Pengguna bisa melihat iklan-iklan itu, dan kita tidak menghasilkan uang darinya. Jika kita tidak ingin pengguna melihat iklan, maka kita bisa meningkatkan ke paket berbayar (mulai dari $48 per tahun).
  • Kita TIDAK diizinkan untuk memasanng iklan di situs web, ini sangat membatasi cara memonetisasi situs kita. Jika web kita memiliki trafik tinggi, kita bisa mengajukan permohonan untuk program periklanan mereka yang disebut WordAds di mana kita bisa berbagi pendapatan pihak WordPress.com.
  • Kita tidak bisa mengunggah plugin. Pengguna paket gratis mendapatkan fitur Jetpack built-in yang sudah diaktifkan. Pengguna paket bisnis dapat menginstal dari pilihan plugin yang kompatibel ($300/tahun). Sedangkan Program WordPress.com VIP baru bisa unggah plugin, biayanya dimulai dari $5.000 per bulan.
  • Kita tidak bisa mengunggah tema khusus. Pengguna paket gratis hanya dapat menginstal dari koleksi tema gratis yang disediakan WordPress.com, dan sangat terbatas. Pengguna premium dan paket bisnis juga dapat memilih tema premium. Ada opsi penyesuaian terbatas untuk versi gratis. Hanya Pengguna Premium dan paket Bisnis yang bisa menggunakan CSS khusus.
  • Kita tidak bisa menambahkan Google Analytics atau menginstal platform pelacakan lainnya. Hanya pengguna paket bisnis yang bisa menginstal Google Analytics.
  • Situs web WordPress.com gratis hadir dengan domain bermerek WordPress.com (misal Https://webkamu.wordpress.com). Kita memerlukan paket berbayar untuk mendapatkan nama domain khusus (misal Https://www.webkamu.com).
  • Pihak WordPress.com bisa menghapus situs kita kapan saja jika mereka pikir itu melanggar ketentuan layanan mereka.
  • Situs kita akan menampilkan tautan yang diberdayakan oleh WordPress.com. Tautan ini bisa dihapus dengan melakukan upgrade ke paket Bisnis.
  • WordPress.com tidak menawarkan fitur eCommerce atau gateway pembayaran terintegrasi kecuali jika kita beralih ke paket eCommerce.
  • Kita tidak bisa membangun situs web membership dengan WordPress.com.

Seperti yang kita lihat, platform hosting WordPress.com sangat terbatas ketika saat kita menggunakan paket gratis, pribadi, atau bahkan premium. Untuk mendapatkan fitur yang lebih canggih, kita harus menggunakan paket Bisnis ($300 per tahun) atau paket VIP ($5.000 per bulan).

Yang Sering Ditanyakan Soal WordPress.com vs WordPress.org

Ada banyak pertanyaan terkait WordPress.com VS WordPress.org, berikut ini beberapa rangkumannya

WordPress.com vs WordPress.org - Mana Yang Lebih Baik?

Jika kamu seorang blogger pribadi, dan tidak peduli untuk menghasilkan uang dari situs web atau tidak, maka kita bisa memilih WordPress.com gratis.

Jika kita seorang bisnis atau blogger yang ingin menghasilkan uang dari situs web, maka kita sarankan untuk menggunakan WordPress.org. Ini membuat kita lebih leluasa dan fleksibilitas untuk mengembangkan situs web seperti yang kita inginkan.

Dapatkah saya Menghasilkan Uang Situs WordPress.com Gratis?

WordPress.com tidak memungkinkan kita untuk menjalankan iklan di situs web WordPress.com paket gratis. Jika kita menjalankan situs web dengan trafik tinggi, kita busa bergabung dengan program WordAds dan berbagi pendapatan iklan dengan WordPress.com.

WordPress.com vs WordPress.org - Mana yang lebih bagus untuk E-commerce?

WordPress.org menawarkan berbagai cara mudah untuk membangun situs web eCommerce. Kita bisa menggunakan WooCommerce untuk membangun toko online.

Bisakah saya pindah dari WordPress.com ke WordPress.org?

Seringkali pengguna baru yang tidak mengetahui perbedaan antara WordPress.com vs WordPress.org akhirnya memulai dengan layanan WordPress.com gratis.

Begitu mereka merasakan keterbatasan platform, mereka ingin beralih ke “WordPress yang Sebenarnya” alias WordPress.org.

Jangan khawatir, kita bisa melakukan migrasi atau pindah dari platform gratis ke Wordpress.org.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan WordPress.com dan WordPress.org. Terlepas dari mana yang lebih baik, kita kembalikan ke kebutuhan masing-masing.

Dapatkan Update
Dapatkan update artikel dengan mudah, cukup masukkan emailmu aja!
Ham
Ham Follow
Hi, saya Ham, semoga artikel yang saya bagikan bermanfaat